Beranda / Sport

Hasil Buruk Ganda Putra di Singapore Open 2023, Herry IP: Performa sedang Tidak Baik

sport.terasjakarta.id - Jumat, 9 Juni 2023 | 19:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Herry IP ungkap kegagalan ganda putra di Singapore Open 2023. (Foto: Instagram @herry_ip)

Herry IP ungkap kegagalan ganda putra di Singapore Open 2023. (Foto: Instagram @herry_ip)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Herry Iman Pierngadi, kepala pelatih ganda putra PBSI membeberkan soal hasil buruk yang diterima ganda putra di Singapore Open 2023.

Sektor ganda putra yang biasanya menjadi andalan Indonesia dalam sejumlah turnamen BWF World Tour, kali ini tak bisa naik podium juara.

Bahkan, kegagalan ganda putra tersebut tak hanya terjadi di Singapore Open 2023, melainkan dua turnamen sebelumnya, yakni Malaysia Masters dan Thailand Open.

Baca Juga : Hasil Singapore Open 2023: Leo/Daniel Kalah di Babak Perempat Final dari Wakil Malaysia

Dimana dari tiga rangkaian turnamen tersebut, pencapaian terbaik diraih Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang menjadi runner up di turnamen Thailand Open 2023.

Di ajang turnamen Singapore Open 2023 yang digelar pada pekan ini, langkah terjauh yang berhasil diraih ganda putra hanya mencapai perempat final atau quarter final.

Pencapaian yang diterima oleh sektor ganda putra yang belum berhasil mencapai podium tertinggi di tiga turnamen BWF World Tour tidak lepas dari komentar Herry Iman Pierngadi atau Herry IP.

Kepala pelatih ganda putra itu mengatakan kegagalan yang diraih oleh anak asuhnya itu tak lepas dari kendala masing-masing yang dialaminya.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung Perempat Final Singapore Open 2023, 2 Wakil Indonesia Tersisa

Sejumlah kendala yang dialami masing-masing para pemain tak lepas dari faktor teknis maupun non-teknis.

Herry IP mengungkapkan bahwa performa para pemain sedang tidak baik dan setiap pemain atau pasangan memiliki kendala yang berbeda.

"Performa para pemain yang lain juga lagi tidak bagus di Singapore Open," ungkap Herry IP dalam rilis PBSI yang dibagikan melalui Instagram.

Baca Juga : Hasil Singapore Open 2023: Marcus/Kevin Tersingkir di Babak 16 Besar

Pelatih dengan sebutan Coach Naga Api itu membeberkan kendala setiap pemain dimulai dari cedera yang membuat gerakan menjadi tidak cepat.

Selain itu, ada juga faktor usia serta performanya yang tengah menurun.

"Ini memang harus dipikir matang, tidak bisa dipaksakan," kata Herry IP.

Untuk mengembalikan performa dan nama baik para pemain, Herry IP pun menyebut dirinya memiliki rencana dalam mengatur strategi untuk pengiriman pemain pada turnamen yang akan datang.

Pelatih ganda putra itu menuturkan bahwa pihaknya tidak hanya mengejar hasil terbaik, melainkan juga proses untuk mendapatkan hasil tersebut.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung Singapore Open 2023 Hari Ini, Ada 10 Wakil Indonesia

Menurutnya, apabila terjadi kekalahan, terlebih dulu mencari penyebabnya dan apabila menang harus disyukuri, namun harus tetap dievaluasi.

"Saat kalah, jangan panik dan harus dicari apa penyebabnya. Bila menang, disyukuri dan tetap harus dievaluasi," tutur Herry IP.

Herry IP Sebut Leo/Daniel Tampil Bagus

Disisi lain, Herry Iman Pierngadi memberikan komentar terkait permainan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung Singapore Open 2023 Hari Ini, Perang Saudara di Ganda Campuran

Pelatih dengan sebutan Naga Api itu mengatakan bahwa permainan Leo/Daniel di Singapore Open 2023 babak perempat final sudah cukup baik.

Dua kesalahan yang dilakukan oleh Leo/Daniel di poin-poin akhir membuat lawan menang.

Padahal, ia menyebut bahwa dari segi keterampilan dan teknik, Leo/Daniel dengan lawan bisa dikatakan seimbang.

Baca Juga : Herry IP: Performa Fajar/Rian di Singapore Open 2023 Tidak Normal

Ia juga menilai bahwa perjuangan Leo/Daniel di pertandingan yang digelar hari ini begitu luar biasa.

"Di gim ketiga, dari ketinggalan 16-20 malah tampil berani dan luar biasa. Dua poin terakhir bagi lawan itu karena pukulan buangan pemain kita salah," ujar Herry IP.

Hasil Singapore Open 2023 Ganda Putra Indonesia

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kalah di babak perempat final melawan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempat final Singapore Open 2023.

Baca Juga : Jadwal Singapore Open 2023, Perang Saudara di Ganda Putri

Pertandingan yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium pada Jumat, 9 Juni 2023 siang ini tak membuat Leo/Daniel berhasil melangkah ke semifinal.

Leo/Daniel kalah melalui rubber game dari pasangan Aaron/Soh dengan skor 21-18, 16-21, dan 20-22.

Atas kekalahannya ini, Leo/Daniel gagal mempertahankan juaranya dan maju ke babak semifinal Singapore Open 2023.

Baca Juga : Hasil Final Thailand Open 2023: Bagas/Fikri Gagal Juara Usai Kalah Dua Pertandingan dari Wakil China

Sebelumnya, Leo/Daniel menjadi juara Singapore Open tahun lalu, namun kini pasangan itu tidak berhasil menjadi juara untuk tahun 2023.

Pada awal gim pertama, Leo/Daniel sempat tertinggal oleh wakil Malaysia yang lebih dulu mencetak skor 0-4.

Namun, secara perlahan wakil Indonesia itu mampu mengejar ketertinggalan dan menyempitkan skor hingga 11-10 sebelum interval.

Usai interval, pertandingan semakin sengit kedua tim terlihat saling melepaskan serangan hingga pasangan Leo/Daniel tertinggal 16-14.

Baca Juga : Hasil Semifinal Thailand Open 2023, Fikri/Bagas Melangkah ke Final

Wakil Indonesia itu tak ingin memberi peluang bagi Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan mencetak enam poin secara beruntun dan berhasil memimpin dan menang pada gim pertama 21-18.

Pertandingan terus berjalan, mereka berhasil menyamakan skor hingga 16-16, tak bertahan lama mereka kembali tertinggal dan gim kedua Aaron Chia/Soh Wooi Yik lebih unggul dengan skor 16-21.

Pada gim ketiga, Leo/Daniel sempat memimpin pertandingan 6-5 tetapi setelah itu mereka lagi-lagi tertinggal skor hingga 17-20.

Baca Juga : Jadwal dan Link Live Streaming Thailand Open 2023, Selangkah Menuju All Indonesian Final

Leo/Daniel tidak menyerah dan kembali mendapatkan poin untuk menyamakan skor 20-20, namun sayangnya ketika deuce wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik lebih siap mengalahkan wakil Indonesia.

Pada akhirnya babak perempat final Singapore Open 2023 ini dimenangkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 22-20.

Tak hanya Leo/Daniel yang bertanding di babak perempat final, Anthony Sinisuka Ginting juga menjadi wakil Indonesia yang berhasil melaju babak perempat final melawan wakil China Li Shi Feng hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link