Beranda / Sport

Pratama Arhan Jadi Starter di Tokyo Verdy, Sumbang Assist Jarak Jauh

sport.terasjakarta.id - Kamis, 8 Juni 2023 | 07:15 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pratama Arhan berhasil menyumbangkan Assist untuk satu gol Verdy ke gawang lawan lewat lemparan jarak jauhnya. (Foto: Instagram @tokyo_verdy)

Pratama Arhan berhasil menyumbangkan Assist untuk satu gol Verdy ke gawang lawan lewat lemparan jarak jauhnya. (Foto: Instagram @tokyo_verdy)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Pemain sepak bola Indonesia Pratama Arhan akhirnya kembali dimainkan oleh Tokoyo Verdy sebagai Starter untuk menghadapi Thespakusatsu Gunma dalam laga Piala Kaisar 2023 di Stadion Ajinomoto pada Rabu, 7 Juni 2023.

Diketahui nama Pratama Arhan terpampang jelas bersama dengan 11 pemain utama Tokyo Verdy. Pelatih Tokyo Verdy Horoshi Jofuku menurunkan Arhan setelah lama dikesampingkan.

Ini adalah pertama kalinya Pratama Arhan tampil kembali di Tokyo Verdy untuk di musim 2023. Penampilan terakhir Arhan saat itu berada di laga J2 League ketika Tokyo Verdy dijamu oleh Tochigi pada 6 Juli 2022 lalu.

Baca Juga : Profil Pratama Arhan, Pemain Muda Indonesia yang Bergabung Klub Tokyo Verdy

DI laga tersebut, Arhan tampil sebagai starter dan tampil selama 45 menit. Kemudian, ia dipasang sebagai syaap kanan, namun ia ditarik keluar di babak kedua dalam laga tersebut.

Sejak laga itulah, nama Arhan tidak pernah tampil kembali. Bahkan, ia hanya sekadar masuk di tim cadangan saja tidak pernah didapat eks PSIS Semarang.

Ada pula Piala Kaisar merupakan salah satu turnamen sepak bola Jepang pendamping J. League. Turnamen ini diikuti oleh 88 klub yang terdiri atas peserta klub J1 League, J2 League serta sisanya peserta Japan Football League atau kompetisi amatir.

Baca Juga : Resmi! FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Tayang di RCTI

Pratama Arhan Sumbang Assist Jarak Jauh

Sementara itu, bergabungnya Pratama Arhan di Tokyo Verdy sebagai starter justru membawa keberkahan bagi klub J-League 2 untuk menang 2-1 atas Thespakusatsu Gunma pada Rabu, 7 Juni 2023 kemarin.

Duel antara Tokyo Verdy vs Thespakusatsu Gunma di babak kedua Emperor Cup atau Piala Kaisar ini diselenggarakan d Stadion Ajinomoto Nishigaoka.

Sebelumnya, diketahui Pratama Arhan tampil sebagai starter dalam laga tersebut.

Baca Juga : Tiket Timnas Indonesia vs Argentina Resmi Dijual mulai 5 Juni 2023

Sejak menit awal, Arhan berikan kontribusi yang maksimal bagi Verdy dengan bermain yang baik.

Saat itu juga, bek kiri Timnas Indonesia ini berhasil menyumbangkan 'Assist' untuk satu gol Verdy ke gawang lawan lewat lemparan jarak jauh.

Lemparan itu dari sisi kiri yang berujung gol bunuh diir dengan sundulan dari pemain lawan.

Tokyo Verdy pun habis-habisan memuji mantan pemain PSIS Semarang ini.

Baca Juga : Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia vs Argentina, Dua Naturalisasi Teranyar Ikut Dipanggil

Mereka menganggap Arhan sebagai pahlawan kemenangan untuk Tokyo Verdy.

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Tokyo Verdy, mereka mengatakan Arhan adalah pahlawan.

Mereka menilai pria kelahiran 2001 ini bermain cukup agresif dalam pertandingan resmi pertama di waktu yang lama serta menciptakan kehebohan yang berujung pada gol kemenangan dengan spesialisasi lemparan jauhnya.

Baca Juga : Daftar Resmi Harga Tiket Indonesia vs Argentina, Mulai dari Rp600 Ribu

Selain Verdy, akun resmi J-League juga berikan apresiasi penuh pada Arhan.

"Pratama Arhan menunjukkan kehandalannya, bermain 90 menit penuh untuk Tokyo Verdy dalam pertandingan Emperor Cup malam ini melawan Thespakusatsu Gunma, menghasilkan kemenangan 2-1 yang mendebarkan bagi tim tuan rumah," tulis J-League dalam keterangannya di akun resmi media sosial.

Profil Pratama Arhan, Pemain Muda Indonesia

Sebelumnya, Pratama Arhan, pemain muda Indonesia telah berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia di penampilan Piala Aff 2022.

Pramata Arhan berhasil menuai kekaguman dari masyarakat Indonesia, di mana dirinya merupakan pemain Timnas Indonesia yang ikut berlaga di Piala AFF 2022 sebagai bek kiri.

Baca Juga : Messi Putuskan Ikut Bertanding dalam Laga Indonesia vs Argentina dan Tur Asia Timnas Argentina

Pratama Arhan sebagai pemain sepak bola, rutin berkontribusi pada assist dan gol timnas Indonesia sehingga membawa tim ke Final Piala AFF.

Namun, meski gagal merebut gelar piala AFF, Pratama Arhan pun berhasil keluar sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2022.

Pratama Arhan merupakan pria asal Desa Sidomulyo yang lahir pada 21 Desember 2001. Ia menjadi pemain sepak bola muda Indonesia yang menempati posisi sebagai bek kiri.

Baca Juga : Perkiraan Tiket Timnas Indonesia vs Argentina di Gelora Bung Karno, Simak Informasinya!

Lahir dengan nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai ini meniti karier sebagai pemain sepan bola dengan bergabung klub pemuda SSB Putra Mustika.

Pemain sepak bola Indonesia berusia 22 tahun ini kemudian melanjutkan perjalanannya dengan bergabung ke Akademi Terang Bangsa Semarang BJL Semarang dan PSIS Semarang U-18.

Perjalanan karier Pratama Arhan bersama dengan tim utama PSIS Semarang membawanya debut pada kompetisi Piala Menpora 2021 lalu.

Baca Juga : Harga Tiket Timnas Indonesia vs Argentina Beredar, Erick Thohir: War Bakal Lebih Dahsyat Dibanding Coldplay 

Kemudian, pada 16 Februari 2022, Pratama Arhan mengejutkan publik usai dirinya menandatangani kontrak dengan klub asal Jepang, Tokyo Verdy.

Di mana Arhan diboyong ke Tokyo Verdy dengan status bebas transfer dan diperkirakan kontrak tersebut akan berlangsung selama dua tahun dengan opsi perpanjangan.

Arhan dikenal memiliki fullback serba bisa, di mana hal tersebut menjadi nilai lebih baginya.

Baca Juga : Piala Asia 2023, Pemain Vietnam Umbar Keyakinan Satu Grup dengan Indonesia

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kariernya bersama Tokyo Verdy, di Indonesia Arhan memiliki sejumlah prestasi, salah satunya penghargaan Pemain Muda Terbaik.

Arhan mendapatkan penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik di Piala Menpora 2021 lalu.

Selain itu, Arhan bersama Timnas Indonesia berhasil meraih runner up kejuaraan Piala AFF 2020.

Diketahui, nama Pratama Arhan telah didaftarkan oleh pelatih Indra sjafri untuk masuk ke dalam skuad Timnas U-22 yang akan bertanding di Sea games 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link